The Way Of Life: Soto Sokaraja di Jakarta
Google

Thursday, February 05, 2015

Soto Sokaraja di Jakarta

Soto Sokaraja, Lanting dan Bumbu Kacang

Mendoan

Sebagai warga negara karesidenan Banyumas dan sekitarnya, tentu kangen akan makanan khas kampung halaman. Salah satunya Soto Sokaraja, kadang sering juga disebut Sroto. Mencari Soto Sokaraja di Jakarta bukan hal mudah. Tentunya mencari yang enak dan rasanya sama seperti di kampung halaman. Setelah berbagai tempat dijajaki dan belum juga menemukan Soto Sokaraja dengan rasa yang super akhirnya saya menemukan di sebuah jalan kecil di Jalan Pondok Kelapa Raya, tepatnya di  Jalan Pondok Kelapa Barat 6, Jakarta Timur. Yaitu Warung Soto "Inyong" Ibu Mamiek.







Soto Sangka, Soto Khas Banyumas berusia hampir 100 Tahun

Meskipun warungnya kecil tapi rasa soto-nya rasanya luar biasa, ditambah ada aksesoris lanting dan mendoan. Jauh dengan penjual Soto Sokaraja dengan tempat yang megah dan besar dan tentu terkenal tapi rasanya jauh. Pernah saya makan di tempat yang cukup terkenal sebagai penjual Soto Sokaraja di Jakarta, tapi rasanya masih jauh dari harapan. Saya tidak etis menyebut lokasinya, lebih baik saya memberitahu yang enak saja. Sebenarnya saya menemukan warung ini pun tidak sengaja, ketika sedang mencari warteg, saya lihat ada jual Sroto Sokaraja, akhirnya saya mampir. Tapi memang rasa tidak bohong, ketika saya berbincang dengan pemilik, memang sudah banyak menyuplai langganan kelas atas dan perkantoran, khususnya untuk rasa ayam. Jika saya paling suka rasa sapi. Karena Soto Sokaraja paling khas adalah rasa sapinya dan tentu saja bumbu kacang. Ini merupakan varian soto paling khas dari soto yang ada di Indonesia  yaitu bumbu kacangnya. Semoga membantu rekan rekan dengan plat "R" untuk mengobati rasa rindu makanan khas di Ibukota.
Foto di atas adalah sepasang suami istri yang sudah berumur, yang hampir setiap hari makan siang di Soto Sokaraja Ibu Mamiek, dan mereka selalu makan soto di dalam mobil Toyota Kijang lawas mereka. Saya pernah hari Sabtu dan Minggu siang berturut turut mendapati mereka sedang makan siang di Warung Soto Ibu Mamiek.
Review ini saya buat atas nama pribadi, silakan mencoba dan  bandingkan, jika ada soto sokaraja yang lebih enak di Jakarta, beritahu saya :), pasti akan saya coba. Bandingkanlah dengan rasa Soto asli Sokaraja sebagai parameter, saya mempunyai langganan soto di Sokaraja, yaitu Soto Sokaraja Lama "Pak Mawardi" seberang Getuk Goreng Asli "Haji Tohirin" Sokaraja no 6, salah satu Soto Sokaraja asli dengan rasa orisinil. Saya pernah membaca tentang bagaimana agen FBI dilatih untuk mengecek uang palsu, yaitu dengan memahami sebaik - baiknya uang asli, sehingga ketika mendapatkan uang palsu maka agen FBI akan segera tahu. Sama seperti mengecek rasa soto Sokaraja, anda harus paham bagaimana rasa asli soto Sokaraja, sehingga anda tahu soto Sokaraja "palsu" :). Semoga membantu.



Soto tersebut sudah pindah tempat di Jalan Pondok Kelapa Raya seberang Shop and Drive, new look and new design, tambah menu Soto betawi, Pecel Lele dan masih banyak lagi serta ruang parkir yang lebih mudah.







Untuk Pesan bisa telp langsung atau WA ke

MAS HELI : 0813 2478 8868
atau
MBAK MAMIEK : 0821 3840 0986

Sudah tersedia juga di GO-FOOD


related links:

Soto Sangka Banyumas

0 Comments:

Post a Comment

<< Home