The Way Of Life: Power in the economy of code
Google

Tuesday, February 10, 2015

Power in the economy of code

 
Salah satu sub bab dalam buku jQuery in Action terbitan Manning, karya Bear Bibeault dan Yehuda Katz, mempunyai sub bab Power in the economy of code. Dimana framework jQuery menjadikan kita menulis kode jauh lebih irit / ekonomis.
Contoh di dalam buku tersebut yaitu, dari kode yang panjang seperti di bawah ini;

var checkedValue;
var elements = document.getElementsByTagName('input');
  for (var n = 0; n < elements.length; n++) {
   if (elements[n].type == 'radio' &&
       elements[n].name == 'someRadioGroup' &&
       elements[n].checked) {
     checkedValue = elements[n].value;
   }  
  }
menjadi kode jQuery yang singkat seperti di bawah ini:
var checkedValue = $('[name="someRadioGroup"]:checked').val();
Hal ini juga terjadi ketika saya dan rekan mulai belajar salah satu framework javascript yaitu ExtJS dari Sencha. ExtJS dibuat sebagai framework yang mempunyai banyak sekali object sehingga mirip sekali dengan aplikasi desktop. Dalam rangka proyek konversi dari aplikasi desktop ke web, otomatis kami mencari persamaan object di ExtJS. Salah satu object tersebut adalah form searching / pencarian. Setelah cukup lama browsing akhirnya kami menemukan caranya, yaitu di web mbahsomo. Awalnya kami tidak percaya dengan kode yang ditampilkan di web tersebut, form searching merupakan form yang cukup "kompleks" di aplikasi web, tapi mbahsomo hanya menampilkan kode yang kami rasa sangat singkat. Setelah kami pelajari ternyata benar, form tersebut bisa ditampilkan hanya dengan kode yang minimalis dan ekonomis, berkat framework ExtJS.
Sama juga seperti framework yang lain, fungsinya adalah mempersingkat pekerjaan, dan satu lagi yaitu standarisasi. Jika kita bekerja dalam team harus ada standarisasi, sehingga selain kode menjadi rapi juga gampang dipahami orang team yang lain.

Berikut tampilan form searching a la mbahsomo:


dan dibawah ini adalah form searching yang kami kembangkan dari form mbahsomo


related links:
Combo Multi Column with Grid
Framework Or Not Framework

Labels: , , ,

0 Comments:

Post a Comment

<< Home