The Way Of Life: Bitnami WAPP Stack PostgreSQL login failed
Google

Saturday, January 31, 2015

Bitnami WAPP Stack PostgreSQL login failed

 
Database PostgreSQL jarang digunakan dalam pembuatan aplikasi berbasis web, biasanya pada pengembang menggunakan database MySQL, dan begitu juga biasanya saya. Belum lama ini saya dan teman mendapatkan pesanan untuk membuat "celana pendek" ( baca : program kecil, "gaun": untuk program besar ). Yaitu membuat program tambahan untuk aplikasi berbasis web yang kebetulan menggunakan database PostgreSQL. Program tersebut terdiri dari aplikasi yang ada di server pusat dan di lokasi - lokasi yang tersebar di seluruh indonesia. Pada dasarnya program yang ada di server pusat dan lokasi sama, hanya memerlukan sinkronisasi untuk menyamakan data. Aplikasi di lokasi bisa berdiri sendiri artinya jika tidak ada koneksi internet maka aplikasi berjalan dalam mode offline, ketika sudah terkoneksi internet diperlukan sinkronisasi untuk menyamakan data. Permasalahnya adalah tidak semua lokasi bisa terhubung dengan internet dengan mudah, dan itu hampir 50% dari jumlah total lokasi yang ada. Salah satu cara-nya adalah membawa PC mereka ke warnet yang lokasinya cukup jauh, kemudian melakukan sinkronisasi. Cara yang menurut saya agak aneh dan sangat merepotkan. 
Pesanan "celana pendek"-nya adalah membuat aplikasi sinkronisasi data yang bisa dikemas dalam bentuk file, kemudian dari file tersebut bisa dibawa ke warnet atau pc yang sudah terhubung dengan internet untuk diupload dan disinkronisasi ke server. Begitu pula sebaliknya, file dari server di-download kemudian diupload ke lokal dan disinkronkan. Kemudian pesanan kedua adalah membuat single installer yang simple untuk menginstall aplikasi web, web server dan database PostgreSQL dalam beberapa klik saja. Karena aplikasi  yang selama ini ketika PC client rusak maka cara instalasinya sangat rumit, yang tidak mungkin dilakukan oleh user di lokasi. Akhirnya harus membawa PC tersebut ke pusat ( Jakarta ) untuk diinstall kemudian dikirim balik ke lokasi.
Ketika aplikasi sinkronisasi menggunakan file sudah jadi lalu untuk single installernya saya memilih Bitnami WAPP Stack untuk menginstall Apache Web server, PHP, PostgreSQL, dan untuk setting aplikasi dan sebagainya saya buatkan program kecil dari Visual Basic 6. Sebenarnya saya sudah mencari berbagai aplikasi bertajuk "Single Click Installer" yang ada di internet. Semisal Silent Installer Builder, yang dari fitur-nya terdapat fitur yang lumayan keren, yaitu bisa me-record pengetikan keyboard dan gerakan mouse, tetapi ketika  saya coba fitu tersebut tidak ada, dan ketika saya tanyakan ke bagian "Contact" tidak ada respon. Akhirnya saya berinisiatif untuk membuat sendiri Single Installer tersebut, tentu dengan cara yang lebih "silent" tanpa me-record keyboad dan mouse :).
Masalah timbul ketika WAPP Stack diinstall di komputer ujicoba milik client, selalu login failed. Padahal username password sama ketika diisikan pada instalasi WAPP Stack. Berulang kali saya coba hasilnya selalu sama, yaitu Login failed.
Cara - cara yang saya lakukan antara lain adalah :
menggubah method pada file pg_hba.conf dari md5 ke trust, dan hasilnya sama saja error.

host    all             all             127.0.0.1/32            md5

menggubah opsi listen_address pada file posgresql.conf ke localhost atau * , dan hasilnya tetap saja error.

listen_addresses = '127.0.0.1'

kemudian melihat valid date user dengan query

select * from pg_user where usename='postgres'
 
menghasilkan
 
usename     | postgres
usesysid    | 10
usecreatedb | t
usesuper    | t
usecatupd   | t
userepl     | t
passwd      | ********
valuntil    | infinity
useconfig   |


user postgres valid date-nya : infinity yang artinya tidak bermasalah dengan valid date untuk user : postgres

Akhirnya setelah cukup lama berjibaku, solusinya adalah Install Ulang Windows 7 pada PC tersebut :)), dan instalasi Bitnami WAPP langsung lancar tanpa hambatan, kemungkinan pada instalasi windows sebelumnya masih ada sisa instalasi PostgreSQL yang lama yang menyebabkan anomali. Semoga membantu rekan - rekan.

Tools :

Windows 7 Ultimate
Bitnami WAPP Stack
pgAdmin III

 

Labels: , , ,

0 Comments:

Post a Comment

<< Home